AWALI RANGKAIAN PERINGATAN HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL 2024, KLHK ADAKAN DIALOG DAN PELUNCURAN BUKU PANDUAN BANK SAMPAH

Jakarta, 21 Februari 2024

Dalam pembukaan rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3) mengadakan dua kegiatan pada hari Rabu, 21 Februari 2024. Kedua kegiatan tersebut disesuaikan dengan tema peringatan HPSN 2024 yakni “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif”. Kedua kegiatan tersebut adalah “Dialog Kelola Sampah Menjadi Sumber Daya Produktif Menuju Zero Waste Zero Emission” dan “Peluncuran Buku Panduan Bank Sampah”, bertempat di Auditorium Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat.

Direktur Jenderal PSLB3, Rosa Vivien Ratnawati, ketika membuka rangkaian peringatan HPSN 2024, menyampaikan bahwa peringatan HPSN 2024 menjadi momentum penting dalam sejarah pengelolaan sampah di Indonesia. Momentum yang tepat dalam mencapai target nasional penurunan emisi gas rumah kaca, dan memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, sekaligus manifestasi dari salah satu prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan, yaitu waste to resource melalui cara kerja ekonomi sirkular (circular economy).

Pemerintah Indonesia melalui KLHK tengah mengembangkan kebijakan dan program mitigasi perubahan iklim dari sector sampah dan limbah melalui komitmen zero waste zero emission 2050. KLHK juga tengah memimpin negosiasi di tingkat global dalam menyusun kesepakatan internasional yang mengikat untuk mengakhiri polusi plastik atau intergovernmental negotiating committee (INC) to develop on international legally binding instrument (ILBI) on plastic pollution, including in the marine environment. Bulan April mendatang akan memasuki sesi keempat (INC-4) forum negosiasi tersebut.

Dialog Kelola Sampah menjadi Sumber Daya Produktif menuju Zero Waste Zero Emission bertujuan untuk meningkatkan kesadaran public dan partisipasi aktif semua lapisan Masyarakat dalam mengelola sampah dari sumber, dengan melakukan gerakan memilah sampah misalnya. Banyak potensi dari sampah yang terpilah untuk menjadi sumber daya produktif dan bernilai. Dialog ini menghadirkan lima narasumber yang berasal dari pemerintah daerah, produsen, pengiat Bank Sampah, pengiat TPS3R dan pelaku usaha dalam penyelesaian masalah sampah di TPA. Diharapkan kelima pembicara tersebut akan memberikan inspirasi dan motivasi bagi seluruh kalangan dalam upaya mengatasi permasalahan sampah terutama  plastik di Indonesia.

Pada sesi kedua rangkaian kegiatan HPSN 2024 adalah Peluncuran Buku Panduan Bank Sampah. Buku ini terdiri atas dua bagian, yakni Buku Saku Panduan Membentuk Bank Sampah Unit dan Buku Membangun Ekonomi Sirkular melalui Bank Sampah, sebuah panduan untuk mendirikan dan mengelola bank sampah. Penyusunan buku ini merupakan kolaborasi antara KLHK dengan pihak The Danish Environmental Protection Agency (The DEPA), Denmark, Kedutaan Besar Denmark dalam program Strategic Sector Cooperation (SSC) dan penulis buku Ibu Fei Febriyanti, CEO Bank Sampah Bersinar. Buku panduan ini diharapkan menjadi acuan bagi pelaksana Bank Sampah baik masyarakat, pemerintah, pemerintah daerah maupun dunia usaha dalam membangun, mengelola dan mengembangkan Bank Sampah.

Vinda Damayanti, Direktur Pengurangan Sampah menyampaikan bahwa kerjasama antara pemerintah, pemerintah daerah, sektor swasta, dan masyarakat menjadi kunci dalam upaya penanganan permasalahan sampah saat ini. Sehingga perlu dibangun sinergi dan kolaborasi untuk menciptakan kesadaran dan kepedulian yang efektif, mengembangkan inovasi teknologi dalam daur ulang plastik, dan menciptakan kebijakan yang mendukung pengelolaan sampah yang berkelanjutan. Keterlibatan aktif perusahaan dalam memproduksi dan menggunakan bahan ramah lingkungan, serta dukungan dari komunitas lokal untuk program-program daur ulang dan pengelolaan sampah, akan mempercepat langkah-langkah menuju pengurangan sampah plastik melalui penerapan ekonomi sirkular dalam mewujudkan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan di Indonesia.

Kegiatan Dialog dan Peluncuran Buku Panduan Bank Sampah merupakan dua kegiatan pembuka rangkaian peringatan HPSN 2024, yang dihadiri oleh Pegiat Bank Sampah, Sociopreneur, Asosasi/Komunitas, Pemerintah Daerah (Dinas Lingkungan Hidup), Mahasiswa dari berbagai Universitas, Produsen, Kementerian/Lembaga. Berikut adalah beberapa kegiatan mendatang yang diadakan untuk meramaikan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024: 1) Seminar Road to International Legally Binding Instrument on Plastic Pollution; 2) Zero Waste Adventure Camp; 3) Green Life Style Expo; 4) Dialog Teknologi Pengelolaan Sampah Menuju Zero Waste Zero Emission; 5) Dialog Pencapaian Jakstrada dan Penginputan SIPSN; 6) Dialog Business Matching antara Produsen dengan Mitra Produsen tentang Penerapan PP 75/2019; 7) Sosialisasi Sampah Spesifik: Sampah yang Timbul Akibat Bencana (STAB); 8) Dialog Belanja Online Minim Sampah; 9) Workshop Peran Penyuluh Lingkungan Hidup dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup; 10) Penghargaan Adipura; dan ditutup dengan “Aksi Bersih Negeri”. (***)