Penghargaan Bank Sampah Terbaik Tahun 2023

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan Festival Peduli Sampah Nasional (FPSN) yang terbuka untuk umum Selama 4 hari (13-16 Juni 2023) di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. Pada momentum Pelaksanaan FPSN, KLHK juga menyampaikan apesiasi penghargaan kepada beberapa tokoh penggiat Bank Sampah yang telah menunjukkan kinerja terbaiknya dalam pengelolaan sampah di lingkungannya. Bank Sampah memiliki peran strategis sebagai sarana edukasi, instrumen perubahan perilaku masyarakat dan moda penerapan ekonomi sirkular di Indonesia dalam rantai nilai pengelolaan sampah. Keberadaan Bank Sampah dapat menjadi salah pintu masuk terpilihnya sampah di sumber, menentukan ketersediaan dan kualitas sampah sebagai materi daur ulang sebagai upaya pemenuhan bahan baku industri daur ulang dalam negeri.

Tercatat ada 108 Bank Sampah Unit (BSU) dan 60 Bank Sampah Induk (BSI) dari 26 provinsi dan 86 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang diusulkan oleh pemerintah daerah dan asosiasi dalam bidang persampahan kepada Direktur Jenderal PSLB3 sebagai Bank Sampah dengan kinerja terbaik. Dari usulan itu, dipilihlah 10 Bank Sampah, terdiri dari 5 BSI dan 5 BSU sebagai penerima Penghargaan Bank Sampah Kinerja Terbaik 2023. Ke-10 bank sampah berprestasi tersebut adalah : 1. BSI Dywik Kabupaten Bangli, Bali (BSI Terbaik); 2.  BSI Ciamis Kabupaten Ciamis Jawa Barat; 3. BSI Griya Luhu Kabupaten Gianyar, Bali; 4. BSI Griya Digital, Serang Banten; 5. BSI Prabumulih, Sumatera Selatan; 6. BSU Asoka V Kota Makassar, Sulawesi Selatan (BSU Terbaik); 7. BSU Gunung Emas DKI Jakarta; 8. BSU Kopen Sae Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah; 9. BSU Pensosmas Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau; 10. BSU Darling Tangerang, Banten.

“Apresiasi setinggi-tingginya kami sampaikan kepada pengelola Bank Sampah atas ketulusannya dalam kerja- kerja edukasi untuk pemahaman bagi masyarakat mengurangi sampah di sumber-nya, memilah sampah di rumah. Tentu saja ada peran penggerak Bank Sampah yang juga penting di sini, untuk itu saya sampaikan ucapan terima kasih,” ucap Menteri Siti.