COACHING CLINIC FESTIVAL LIKE BANTU BANK SAMPAH GUNAKAN APLIKASI SIMBA

Jakarta,

Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, dan Energi Baru Terbarukan (LIKE) yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (KLHK), pada 16-18 September 2023 lalu mengusung tema, 'Masyarakat Sejahtera Alam Lestari'. Bertempat di Indonesia Arena Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Ketua Pelaksana Festival LIKE Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari (PLH) KLHK Agus Justianto menyebutkan bahwa salah satu rangkaian kegiatan dari Festival LIKE ini adalah Coaching Clinic yang terdapat di empat zona dengan berbagai tema yang berbeda, yakni Komitmen Energi Baru Terbarukan pada Zona Biru, Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 pada Zona Hijau, Inovasi Pemulihan Lingkungan pada Zona Kuning dan Masyarakat Sejahtera Alam Lestari pada Zona Ungu.

Direktorat Pengurangan Sampah pada Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun (PSLB3) turut berpartisipasi dalam Coaching Clinic yang dihelat pada Zona Kuning, dengan dua subtema yang menarik, yakni Strategi Pencapaian Adipura serta Bank Sampah dan Aplikasi SIMBA. Suharto dan Sri Roro Wahyuningsih dari Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Kudus, sengaja datang ke Festival LIKE untuk mengikuti coaching clinic terkait pengelolaan bank sampah di daerahnya. “Coaching Clinic sangat membantu bagi pemerintah Kabupaten/Kota untuk mengkonsultasikan catatan pengurangan dan penanganan sampah yang ada di kota kami,” ujar Suharto. Kabupaten Kudus pada tahun 2022 yang lalu meraih penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sebagai kabupaten yang dianggap berhasil dalam mengelola lingkungan perkotaan berdasarkan hasil evaluasi kinerja pemerintah daerah.

Ana Suryana, Penyuluh Lingkungan Hidup pada Direktorat Pengurangan Sampah terkait Aplikasi SIMBA, menjelaskan kepada peserta Coaching Cliniic, bahwa “Aplikasi SIMBA merupakan system pendataan bank sampah resmi dari KLHK yang berbasis web, dengan mendaftarkan dan mengisi data bank sampah di SIMBA, maka data bank sampah menjadi valid dan tentunya bank sampah yang sudah terdaftar, akan dinominasikan untuk penghargaan Bank Sampah Terbaik.”  Sri Roro Wahyuningsih peserta Coaching Clinic mengharapkan, “semoga di tahun depan Festival LIKE kembali diadakan, khususnya coaching clinic, karena kami dari pemerintah kabupaten/kota tetap butuh arahan dan bimbingan lagi untuk informasi-informasi tentang apa yang perlu terus dilakukan dalam mengatasi penanganan sampah dan limbah di daerah kami.”

Festival LIKE adalah event yang bertujuan untuk menginformasikan aktualisasi kinerja dan langkah-langkah korektif kebijakan pemerintah serta implementasinya di sector  lingkungan hidup dan kehutanan. Festival ini merupakan rangkaian Road to COP 28 UNFCC yang akan dilaksanakan di Dubai, Uni Emirat Arab, pada akhir November 2023. (YFW)