DHARMA WANITA PERSATUAN DITJEN PSLB3 AJAK PEGAWAI NABUNG DI BANK SAMPAH BONAS

Jakarta,

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Direktorat Jenderal  Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya Beracun (PSLB3) menyelenggarakan Program Bank Sampah Bonas dan mengajak para pegawai KLHK untuk memilah dan menabung sampahnya. Kegiatan ini bertempat di lapangan parkir Kantor Kementerian LHK yang beralamat di jalan DI Panjaitan, Kebon Nanas, Jakarta Timur.

Menurut Dama, Ketua Bidang Sosial Budaya DWP PSLB3, tujuan ajakan menabung di Bank Sampah Bonas adalah untuk mengedukasi gaya hidup minim sampah. “Gaya hidup minim sampah dilakukan dengan meminimalisir sampah dari tiap individu melalui reuse, reduce dan recycle,” kata dia.

Informasi keberadaan Bank Sampah Bonas disebarluaskan melalui media komunikasi internal WA Group, serta media sosial resmi PSLB3. “Sampah yang terkumpul langsung diangkut ke Bank Sampah Induk (BSI) hari itu juga, dan pihak Bank Sampah Bonas akan mencatat di Buku Induk serta Buku Tabungan, jenis sampah dan nilainya.” lanjut Dama.

Atje Natan, yang bekerja sehari-hari sebagai Cleaning Service PT Arima di Kantor KLHK Bonas mengatakan bahwa dirinya sudah ikut program bank sampah di lingkungan rumahnya dan merasa senang ketika diajak menabung di Bank Sampah Bonas. “Setiap hari kami membersihkan sampah-sampah di lingkungan kantor, seperti kardus, plastik, dan karton, dengan adanya Bank Sampah, Kami jadi lebih semangat karena ternyata sampah ada nilainya.” Ujarnya.

Pegawai Setditjen PSLB3, Estamina yang baru bergabung sebagai nasabah Bank Sampah Bonas, turut senang karena tidak lagi bingung mau dikemanakan sampah yang telah dipilah dirumahnya. “Baru saja bergabung, saya telah menabung 12 kg sampah dan mendapat buku tabungan, program ini sangat positif selain mengurangi sampah di tempat kita, juga mendapatkan insentifnya,” kata Esta. Menurutnya, “bila 80% pegawai KLHK turut serta dalam program Bank Sampah Bonas, artinya program ini berhasil dan kami sebagai pegawai KLHK sangat bangga, semoga kantor-kantor lainnya turut meniru program ini.”

Direktur Pengurangan Sampah pada Ditjen PSLB3, Vinda Damayanti menyampaikan bahwa keberadaan Bank Sampah di masyarakat dapat mengurangi sampah yang dibawa ke TPA. Vinda menjelaskan, “Program Bank Sampah Bonas menjadi salah satu program prioritas KLHK untuk mengurangi sampah di lingkungan kantor KLHK, untuk itu kami mendukung penuh.” Dia juga berharap, “Bank Sampah Bonas dapat menjadi contoh upaya pengurangan sampah di lingkungan perkantoran dan mengedukasi pegawai untuk memilah sampah kertas, plastik maupun limbah B3, hingga akhirnya menerapkan gaya hidup minim sampah.”

Bank Sampah Bonas telah beroperasi sejak tahun 2015, dibuka setiap hari Jumat di pekan keempat setiap bulannya. DWP PSLB3 (29/09/2023) melalui Bidang Sosial Budaya, kembali mengajak pegawai lingkup KLHK Bonas untuk memilah dan menabungkan sampahnya. (YFW)